Agata Meida. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS
Container Icon

Hubungan Ilmu Psikologi dengan Kimia dan Fisika


Hubungan Ilmu Psikologi dengan Kimia dan Fisika
Dalam Ilmu Psikologi, ilmu Kimia dan Fisika sangat berpengaruh dalam cabang ilmu ini. Bahkan ilmu Kimia dan Fisika memberikan cabang ilmu lain dalam psikologi yaitu, Psikofisika dan Neurokemis Perilaku.

Psikofisika dianggap suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari hubungan kuantitatif antara kejadian-kejadian fisik dan kejadian-kejadian psikologis. Dalam arti luas yang dipelajari adalah hubungan antara stimulus dan respon. Seperti telah disebutkan di atas upaya mereka adalah untuk menemukan hukum-hukum umum, seperti misalnya hokum Weber dan Fechner tentang nisbah pertambahan perangsang menimbulkan pertambahan respon (sensasi).

Hubungan Ilmu Psikologi dengan Kimia
Manusia adalah kumpulan sel2 yang berinteraksi secara kimia, Tingkah laku manusia turut menentukan kondisi sel-sel tsb.
Contohnya adalah orang yang sering marah, maka umur selnya akan bertambah singkat, akibatnya terjadi penuaan dini.
Dan contoh lain Jika  kita marah maka adrenalin akan naik marah = psikologi
adrenalin = cairan kimia
kondisi psikologi seseorang akan mempengaruhi kandungan senyawa kimia dalam tubuh terutama adalah hormon.
Hubungan Ilmu Psikologi dengan Fisika
Dalam bidang Psikologi pengukuran seperti pada halnya ilmu Fisika adalah hal yang sangat penting untuk mengukur keadaan jiwa seseorang. Meskipun pengukuran fisika hanya sekedar pengukuran berat badan, tinggi badan, suhu tubuh yang dihubungkan dengan kondisi jiwa seseorang. Karena itu, dalam Psikologi tidak ada pendekatan tunggal dalam pengukuran, semua bersifat relatif. Pengukuran dalam Psikologi umumnya didasarkan pada sample perilaku yang jumlahnya terbatas dan pasti ada kesalahan. Sehingga, hasilnya tidak dapat didefisnisikan dengan baik.
Pada Ilmu psikologi sosial adalah jembatan diantara cabang-cabang pengetahuan sosial lainnya. Sebab psikologi sosial mengakui pentingnya memandang individu dalam suatu system sosial yang lebih luas dan karena itu menarik kedalamnya sosiologi, ilmu politik, antropologi, fisika dan ekonomi. Psikologi sosial mengakui aktifitas manusia yang rentangnya luas dan pengaruh budaya serta perilaku manusia dimasa lampau. Dalam mengambil fokus ini psikologi sosial beririsan dengan filsafat, sains, sejarah, seni dan musik. Dengan begitu Psikologi sosial mungkin mempertanyakan bagaimana keadaan orang setelah menyaksikan suatu kejadian menakutkan akan mempengaruhi arousal secara fisiologis, seperti tekanan darah dan serangan jantung.

Sumber :
http://maysmk17muncar.wordpress.com/2012/02/06/penerapan-fisika-dalam-kehidupan-dan-hubungannya-dengan-ilmu-ilmu-lain/
http://akukimia.blogspot.com/2012/01/pengertian-ilmu-kimia.html
http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20110206062511AACas5J
http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20090723054657AAq2jRo

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar