Agata Meida. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS
Container Icon

Internet Service Provider

ISP

Apa Itu Internet Service Provider atau ISP? Ini adalah perusahaan yang menyediakan layanan koneksi internet kepada masyarakat yang membutuhkan. Penyediaan  ini dilakukan dengan membayar sejumlah uang sesuai paket yang dipilih oleh masyarakat kepada penyedia layanan internet tadi. Disinilah hubungan saling membutuhkan terjadi.

Satu ISP mungkin memberikan layanan dial-up, kabel, DSL, atau jenis akses Internet yang lain. Beberapa ISP bersifat lokal sementara yang lain bersifat nasional. Sebuah ISP nasional akan menyediakan akses di sebagian besar bangsa, sementara ISP lokal hanya akan melayani pelanggan di wilayah geografis yang terbatas. Sebagai contoh di Indonesia kita mengenal layanan Indosat, PT Telkom dan Telkomsel.

Setiap ISP memiliki kebijakan privasi dan Ketentuan Layanan (TOS) kontrak yang harus disetujui pelanggan sebelum berlangganan. Kebijakan privasi juga harus menyatakan dalam kondisi apa informasi pribadi Anda mungkin dibagi dengan pihak ketiga, pejabat pemerintah, atau orang lain. Kontrak KL menetapkan bagaimana Anda dapat menggunakan layanan ini.

Sebagai contoh, akses dial-up sering dijual sebagai “akses tak terbatas” tapi ini bukan untuk dipahami secara harfiah. Dial-up account biasanya membatasi jam per bulan untuk 250-400, tergantung pada ISP. Sesungguhnya akses tak terbatas (jika komputer Anda secara aktif terhubung ke Internet 24/7) disebut akses khusus. Kebanyakan DSL atau langganan kabel memungkinkan akses berdedikasi.
Banyak ISP tidak mengizinkan situs komersial di server mereka. Hal ini biasanya berarti bahwa tidak ada yang bisa dijual dari ruang web pribadi Anda, termasuk misalnya, program perangkat lunak yang Anda tulis, musik asli, atau item lainnya. Website ISP biasanya untuk penggunaan pribadi saja, ke blog, posting gambar, dan sebagainya.

Sumber : 
 
Qbonk. (2012, 04 Maret). Apa itu internet service provider atau ISP. Diperoleh 26 September 2013, dari http://www.qbonk.net/apa-itu-internet-service-provider-atau-isp.html

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar