Agata Meida. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS
Container Icon

BAB X
MANUSIA DAN KEGELISAHAN
Kegelisahan berasal dari kata gelisah yang berarti tidak tentram,selalu merasa khawatir,tidak tenang,tidak sabar,cemas sehingga kegelisahan merupakan hal yang menggambarkan seseorang tidak tentram hati maupun perbuatannya ,merasa khawatir,tidak tenang dalam tingkah lakunya,tidak sabar ataupun dalam kecemasan. Kegelisahan merupakan salah satu dari expresi kecemasan. Karena itu dalam kehidupan sehari hari kegelisanaha juga diartikan sebagai kecemasan, ketakutan, keuatiran.
            Sigmund Freid ahli psikoanalisa berpendapat, bahwa ada tiga macam kecemasan yang menimpa manusia yaitu kecemasan kenyataan (obyektif) , kecemasan neorotik dan kecemasan moril.
Sebab sebab orang gelisah karena pada hakekatnya orang takut kehilangan hak-haknya. Hal itu adalah akibat dari suatu ancaman dari luar .Usaha mengatasi kegelisahan pertama-tama harus dimulai dari diri sendiri,yaitu kita harus bersikap tenang . dengan bersikap tenang kita dapat berpikir tenang,sehingga segala kesulitan dapat kita atasi.
 Usaha-usaha mengatasi kegelisahan :
Cara lain yang mungkin untuk digunakan dalam mengatasi kegelisahan atau kecemasan yaitu dengan memerlukan sedikit pemikiran,pertama-tama kita tanyakan kepada diri kita sendiri yang kedua kita bersedia menerima akibatya dengan rasa tabah dan senang hati dan yang ketiga dengan bersama-sama berjalannya waktu kita dapat mencoba untuk memeprbaiki dan mengurangi keburukan keburukan akibat timbulnya kecemasan,dengan demikian kita tidak akan lagi merasakan adanya rasa kecemasan atau kegelisahan dalam jiwa kita.Untuk mengatasi kegelisahan yang paling ampuh kita memasrahkan diri kepada Tuhan.Kita pasrahkan nasib kita padaNya.Kita harus percaya bahwa tuhanlah maha kuasa,maha pengasih,maha penyayang,dan maha pengampun.
Keterasingan Berasal dari kata terasing, dan kata itu adalah dari kata dasar asing. Kata asing berarti sendiri,tidak dikenal orang, sehingga kata terasing berarti, tersisihkan dari pergaulan,terpisahkan dari yang lain, atau terpencil.
Kesepian berasal dari Lata Sepi yang berarti sepia tau lenggang. Setiap orang opernah mengalami kesepian, karna kesepian maerupakan bagian hidup manusia, lama rasa sepi itu bergantung apda mental orang dan kasus penyebabnya sebab terjadinya kesepian adalah frustasi.
Ketidakpastian adalah keadan yang tidak pasti ,tidak dapat ditentukan,tidak tahu,keadaan tanpa arah yang jelas,keadaan tanpa asal usul yang jelas. Itu semua adalah akibat pikirannya tidak dapat konsentrasi. Sebab terjadi ketidak pastian adalah pikiran yang terganggu dan tidak dapat lagi berfikir secara teratur apalagi mengambil kesimpulan.
Beberapa sebab orang tidak dapat berfikir dengan pasti adalah
1.      Obsesi
2.      Phobia
3.      Kompulasi
4.      Histeria
5.      Delusi
6.      Halusinasi
7.      Keadaan Emosi
Usaha penyembuhan ketidakpastian : andaikata penyebab sudah diketahui,kemungkinan juga tidak dapat sembuh.bila hal itu terjadi,maka jalan yang paling baik bagi penderita adalah di ajak atau pergi sendiri ke psikolog bila penyebab itu jelas misalnya rindu obatnya mudah yaitu dipertemukan dengan orang yang dirindukan phobia atau jenis takut bisa dilatih dari sedikit benda benda tersebut. Orang yang bersifat sombong atau angkuh bila mengalami musibah baru berkurang kesombongannyatetapi munkin tidak,andaikata mereka sadar , kesembuhan itu adalah karna pengalaman . Jadi yang menyembuhkannya Masyarakat Sekitardan dari dirinya sendiri.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar