Agata Meida. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS
Container Icon

 BAB V
MANUSIA DAN KEINDAHAN
Kata keindahan berasal dari kata Indah, artinya bagus,permai,cantik,elok,molek dan sebagainya.denda yang mempunyai sifat indah Ialah segala hasil seni,pemandangan alam,manusia,rumah,tanaman ,perabotan rumah,suara,warna,dan sebagainya.
Keindahan adalah idientik dengan kebenaran. Keindahan kebenaran dan kebenaran adalah keindahan semuanya mempunyai nilai yang sama yaitu abadi dan mempunyai daya tarik yang selalu bertambah.
Keindahan juga bersifat universal, artinya tidak terikat oleh selera perseorangan, waktu, dan tempat, selera mode, pedaerahan atau local.
Keindahan itu suatu konsep abstrak yang tidak dapat di nikmati, karena tidak jelas. Keindahan itu baru jelas, jika telah di hubungkan dengan sesuatu yang berwujud atau suatu karya. Dengan bentuk itu keindahan dapat berkomunikasi.
Dalam pembatasan filsafat, kedua pengertian itu kadang- kadang di campur adukan saja. Disamping itu terdapat pula perbedaan menurut luasnya pengertian, yakni :
a.      Keindahan dalam arti yang luas
b.      Keindahan dalam arti estetis murni
c.       Keindahan dalam arti terbatas dalam hubungannya dengan peningkatan
Jadi, pengertian keindahan yang seluas- luasnya meliputi
-          Keindahan seni
-          Keindahan Alam
-          Keindahan Moral
-          Keindahan Intelektual
Dalam rangka teori umum, tentang nilai The Liang gie menjelaskan bahwa pengertian keindahan di anggap sebagai salah satu jenis nilai seperti hal nya nilai moral, nilai ekonomik, nilai pendidikan, dsb.
Nilai yang berhubungan dengan segala sesuatu yang bercakup dalam pengertian keindahan disebut nilai estetik.
Nilai ekstrinsik adalah sifat baik dari suatu benda, sebagai alat suatu sarana untuk sesuatu hal lainnya.
Kontemplasi dan Ekstansi
Keindahan dapat di nikmati oleh seni dan selera biasa. Apabila Kontemplasi dan Ekstansi itu di hubungkan dengan kreatifitas, maka Kontemplasi itu faktor mendorong untuk di ciptakan keindahan, sedangkan ekstansi itu merupakan faktor pendorong untuk merasakan, menikmati keindahan.
Karena derajat Kontemplasi dan Ekstansi itu berbeda- beda antara setiap manusia, Maka tanggapan terhadap keindahan karya seni juga berbeda- beda.
Mengapa manusia menciptakan keindahan ?
Keindahan itu pada dasarnya alamiah Alam ciptaan Tuhan. Ini berarti bahwa keindahan itu di ciptakan Tuhan. Alamiah artinya wajar, tidak kekurangan.
Berikut ini akan di coba menguraikan alas an atau motivasi dan tujuan seniman menciptakan keindahan :
1.      Tata nilai yang telah using
2.      Kemerosotan Zaman
3.      Penderitaan manusia
4.      Keagungan Tuhan

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar