Agata Meida. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS
Container Icon

BAB IV
MANUSIA DAN CINTA KASIH
Menurut kamus umum bahasa Indonesia , karya W.J.S Poerwadaminta , cinta adalah rasa sangat suka (kepada) atau (rasa) sayang kepada , ataupun (Rasa)sangat kasih atau sangat tertarik hatinya.
 Sedangkan Kasih Artinya perasaan sayang atau cinta kepada atau menaruh belas kasihan dengan demikian arti cinta dan kasih hampir bersamaan , sehingga kata kasih memperkuat rasa cinta , karena itu cinta kasih dapat diartikan sebagai perasaan suka kepada seseorang yang disertai dengan menaruh belas kasihan .
Cinta juga diwarnai dengan kemesraan yang sangat menggejolak , tetapi unsure keintiman dan keterkaitannya yang kurang . cinta yang seperti itu dinamakan cinta yang pincang karna garis garis unsure segitiga tidak membuat segitiga sama sisi,sperti nyata .
Cinta memiliki 3 tingkatan:
·         Tinggi             :  adalah cinta kepada Tuhan
·         Menengah       :  adalah Cinta kepada Orang Tua
·         Rendah            : adalah cinta yang lebih mengutamakan keluarga,kerabat,harta dan tempat tinggal
Hakekat cinta Tinggi bagi Setiap orang yang bertaqwa sudah menjadi keharusan Cinta kepada Tuhan adalah merupakan cinta yang tidak ada duanya.
Hakekat cnta Menengah adalah suatu energi yangd atang melalui Hati dan Jiwa adapun pengaruh yang ditimbulkan oleh cinta menengah ini akan Nampak jelas hasilnya disebabkan perasaan kasih saying yang ditanamkan oleh Tuhan dalam hati kepada suami istri tentu tidak akan terbentuk suatu keluarga dan tak akan ada keturunan,bimbingan,dan pendidikan.
Hikmah cinta adalah sangat besar diantara hikmah hikmah tersebut adalah
1. Sesungguhnya Cinta itu Merupakan Ujian yang berat dan pahit dalam kehidupan manusia,    karena setiap cinta akan mengalami berbagai macam rintangan.
2. Bahwa fenomena cinta telah melekat didalam jiwa manusia
3. Bahwa fenomena cinta merupakan faktor utama di dalam kelanjutan hidup manusia
4. Fenomena cinta jika diperhatikan merupakan pengikat yang paling kuat di dalam hubungan antar anggota keluarga
Cinta menurut ajaran Agama dalam kehidupan manusia cinta menampakan diri dalam berbagai bentuk . kadang” sesorang mencintai dirinya sendiri . kadang” mencintai orang lain. atau juga istri dan anaknya, hartanya, atau Tuhan.
·         Cinta Diri erat kaitannya dengan dorongan menjaga diri
·         Cinta Kepada sesame menjaga manusia agar manusia dapat hdiup dengan penuh keserasian dan keharmonisan dengan manusia lainnya
·         Cinta Seksual erat kaitannya dengan dorongan seksual
·         Cinta Kebapakan mengingatkan antara ayah dan anak”mnya tidak terjalin oleh ikatan” fisiologi seperti yang menghubungkan si ibu dengan anak”nya
·         Cinta kepada Tuhan puncak cinta yang paling bening,jernih,dan Spiritual

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar