Agata Meida. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS
Container Icon

BAB VIII
MANUSIA DAN PANDANGAN HIDUP
Setiap manusia mempunyai pandangan hidup, pandangan hidup itu bersifat kodrati. Karena itu ia menentukan masa depan seseorang. Pandangan hidup artinya pendapat atau pertimbangan yang menjadi pegangan, pedoman , arahan, petunjuk hidup di dunia.
Pendapat atau pertimbangan itu merupakan skill hasil pemikiran berdasarkan pengalaman sejarah menurut waktu dan tempat hidupnya. Pandangan hidup banyak sekali macamnya dan ragamnya, akan tetapi pandangan hidup dapat di klasifikasikan berdasarkan asalnya yaitu terdiri dari 3 macam :
a.      Pandangan hidup yang berasal dari agama
b.      Pandangan hidup yang berupa ideology
c.       Pandangan hidup hasil renungan
Cita- cita adalah keinginan, harapan, tujuan, yang selalu ada dalam pikiran. Adapun cita- cita tidak mungkin atau belum mungkin terpenuhi, maka cita- cita itu di sebut angan- angan. Faktor manusia yang mau mencapai cita- cita di tentukan oleh kualitas manusianya.
·         Faktor kondisi
·         Faktor tingginya cita- cita
Kebajikan atau perbuatan yang mendatangkan kebaikan pada habitatnya sama dengan perbuatan moral, perbuatan yang sesuai dengan norma- norma agama dan etika.
Kebajikan manusia nyata dan dapat di rasakan dalam tingkah lakunya, karena tingkah laku bersumber pada pandangan hidup, maka setiap orang memiliki tingkah laku sendiri- sendiri, sehingga tingkah laku seseorang berbeda- beda, faktor yang menentukan setiap orang :
1.      Faktor pembawaan
2.      Faktor lingkungan
3.      Faktor pengalaman
Perjuangan adalah kerja keras untuk mewujudkan cita- cita. Setiap manusia harus bekerja keras untuk kelanjutan hidupnya. Kerja keras itu dapat di lakukan dengan otak atau ilmu maupun dengan tenaga atau jasmani, atau dengan kedua- duanya.
Keyakinan atau kepercayaan yang menjadi dasar pandangan hidup berasal dari akal atau kekuasaan Tuhan. Menurut Prof Dr. Harun Nasution ada tiga aliran filsafat, yaitu aliran naturalisme, aliran itelektualisme, dan aliran gabungan.
Langkah- langkah berpandangan hidup yang baik sebagai berikut :
1.      Mengenal
2.      Mengerti
3.      Menghayati
4.      Meyakini
5.      Mengabdi
Mengamankan mungkin sudah merupakan sifat manusia bahwa bila sudah mengabdikan pada suatu pandangan hidup lalu ada orang lain yang mengganggu atau menyalahkannya tentu dia tidak menerima atau melakukan perlawanan. Hal ini karena kemungkinan berdasarkan bahwa dalam berpandangan hidup itu ia telah mengikuti langkah – langkah yang di tempuhnya itu telah di buktikan kebenaran, sehingga akibat bila ada orang lain yang mengganggunya maka dia pasti akan mengadakan suatu respon, entah respon itu berwujud tindakan atau lainnya.
Proses pengamanan ini merupakan langkah terakhir. Tidak mungkin atau sedikit kemungkinan bila belum mendalami langkah sebelumnya lalu akan ada proses mengamankan ini. Langkah yang teakhir ini merupakan langkah terberat dan benar- benar membutuhkan iman yang teguh dan kebenaran dalam menanggulangi segala sesuatu demi tegaknya pandangan hidup.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar